Resensi Film "The Patriot"


 The Patriot



Sutradara            : Roland Emmerich
Penulis                : Robert Rodat
Tgl Peluncuran   : 27 Juni 2000 (USA)
Durasi                 : 175 menit
Genre                  : Sejarah, Drama, Action, Guerre
Pemain                : - Mel bigson as Benjamin Martin
-         Heath Ledger as Gabriel Martin
-         Gregory Smith as Thomas Martin
-         Mika Boorem as Margaret Martin
-         Skye McCole Bartusiak as Susan Martin
-         Trevor Morgan as Nathan Martin
-         Bryan Chafin as Samuel Martin
-         Logan Lerman as William Martin
-         Jason Isaacs as Col. William Tavington
-         Chris Cooper as Col. Harry Burwell
-         Tcheky Karyo as Jean Villeneuve
-         Joely Richardson as Charlotte Selton
-         Rene Auberjonois as Reverend Oliver
-         Lisa Brenner as Anne Howard
-         Tom Wilkinson as Gen. Lord Charles Cornwallis
-         Donal Logue as Dan Scott
-         Leon Rippy as John Billings


Film yang mengambil tema dari kemerderkaan Amerika (1779) yang dijajah kala itu oleh Inggris Raya. Film ini menceritakan tentang Benyamin Martin (Mel Gibson) seorang petani yang kembali ke medan perang  (mantan pasukan bersenjata), setelah seorang tentara inggris membunuh anak keduanya. Membuatnya turut serta berjuang melawan pasukan Inggris Raya. Sebagai pemimpin pasukan Milisi, Benyamin ditemani anak pertamanya, Gabriel Edward Martin (Heath Ledger) memipin pasukan milisi.

Orang-orang milisi yang rekruit oleh Benyamin merupakan orang-orang yang kesehariannya kriminal, peminum dibar, orang buangan, dan juga petani yang tidak begitu jelas arah hidupnya. Walaupun demikian kepimpinan Benyamin dalam mengatur pasukannya menjadikan senjata ampuh yang dapat mengusik pasukan inggris ditanah air mereka.

Para milisi yang dipimpin oleh Benyamin ini telah cukup sukses membuat repot para tentara inggris, namun tetap saja mereka kehilangan banyak prajurit yang gugur dalam beberapa penyergapan, selain juga ditinggal beberapa anggota yang berbeda pendapat. Pada saat hampir memasuki akhir cerita, Gabriel anak pertama Benyamin mati oleh tentara inggris. Kejadian ini membuat Benyamin menjadi sangat terpukul dan hampir putus asa, tapi keputusasaan itu tidak berlangsung lama, ia kembali pada kesatuan Tentara Amerika dan semakin berambisi untuk mengalahkan Inggris. Pada akhirnya amerika berhasil mengalahkan inggris dalam perang dibeberapa tempat, hingga pada akhirnya inggris pun menyerah.



Banyak sekali hal menarik dan menyentuh dalam film ini. Mulai dari semangat perjuangan yang tak pernah padam demi membebaskan tanah air mereka, kasih sayang orang tua pada anaknya, hingga cerita mengenai konflik internal yang terjadi dalam kesatuan militan tersebut. The Patriot juga menyajikan pula ‘scene’ peperangan jaman dulu, yang masih identik dengan perlatan yang belum begitu canggih, namun dengan strategi yang hebat dapat membuat segalanya berubah.


Trailer Film "The Patriot"


Share on Google Plus

About Fathur Rhavy

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment