A. ARSITEKTUR FAMILY IBM PC
IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi buatan
IBM, IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan (dipensiunkan) pada tanggal
2 April 1987.
Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa
keluarga antara lain:
- IBM 4860 PCjr
- IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop)
- IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli)
- IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel)
- IBM 5160 Personal Computer/eXtended Technology
- IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology Model 286 (sebenarnya merupakan PC AT)
- IBM 5170 Personal Computer/Advanced Technology
FAMILI IBM PC DAN TURUNANNYA
Komputer personal pertama kali muncul setelah diperkenalkan
mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang
terdiri dari set register , ALU dan unit control komputer.
IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O
Channel BUS atau PC BUS
PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur data, 20 jalur alamat,
sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB.
KOMPONEN IBM PC:
- Sistem Kontrol BUS
- Sistem Kontrol Intrerrupt
- Sistem Kontrol RAM dan ROM
- Sistem Kontrol DMA
- Timer
- SistemKontrol I/O
SISTEM SOFTWARE:
- Penetapan Alamat Port I/O
- Penetapan Vector Interrupt
- ROM BIOS
- Penetapan Alamat Memori
MANFAAT ARSITEKTURAL ARSITEKTUR PC:
- Kemudahaan penggunaan
- Daya Tempa
- Daya Kembang
- Expandibilitas
B. KONFIGURASI MIKROKOMPUTER DASAR
Chipset adalah set dari chip yang mendukung kompatibel yang
mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt,
pengontrol bus dan timer.
Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama
dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya.
C. KOMPONEN IBM PC
- Sistem Kontrol BUS: Pengontrol BUS, Buffer Data, dan Latches Alamat
- Sistem Kontrol Interrupt: Pengontrol Interrupt
- Sistem Kontrol RAM dan ROM: Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
- Sistem Kontrol DMA: Pengontrol DMA
- Timer: Timer Interval Programmable
- Sistem Kontrol I/O: Interface Paralel Programmable
D. SISTEM SOFTWARE
System software adalah abstrak, tidak memiliki bentuk fisik.
Software tidak dibatasi oleh material serta tunduk pada hukum-hukum fisika atau
oleh proses-proses manufaktur. Pengembangan software serta pengelolaan proyek
pengembangan software adalah sulit karena kenyataan-kenyataan sebagai berikut:
- Kompleks, sehingga sulit untuk dipahami
- Tidak tampak, maka pengukuran kualitas software agak sulit dilakukan dan sulit melacak kemajuan pengembangannya
- Mudah berubah, karena mudah untuk dimodifikasi namun kita sulit sekali melihat terlebih dahulu konsekuensi dari perubahan-perubahan yang dilakukan.
Software komputer adalah produk yang dihasilkan melalui
serangkaian aktivitas proses rekayasa atau pengembangan, yang menghasilkan
aktivitas berupa:
- Dokumen-dokumen yang menspesifikasikan program yang hendak dibangun
- Program yang dieksekusi komputer
- Dokumen yang menjelaskan program dan cara kerjanya program
System software
- Penetapan Alamat Port I/O
- Penetapan Vector Interrupt
- ROM BIOS
- Penetapan Alamat Memori
E. MANFAAT ARSITEKTURAL ARSITEK KOMPUTER
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan
arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu:
- Aplicability
- Maleability
- Expandibility
- Comptible
Kinerja Sistem Untuk mengukur kinerja sistem, ada
serangkaian program yang standard yang dijalankan yang biasa di sebut Benchmark
pada komputer yang akan diuji.
Ukuran Kinerja CPU:
- MIPS (Million Instruction PerSecond)
- MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
- VUP (VAX Unit of Performance)
- Ukuran Kinerja I/O Sistem:
- Operasi Bandwith
- Operasi I/O Perdetik
- Ukuran Kinerja Memori:
- Memoy Bandwith
- Waktu Akses Memori
- Ukuran Memori
- Biaya Sistem
- Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya:
- Reliabilitas
- Kemudahan Perbaikan
- Konsumsi daya
- Berat
- Kekebalan
- Interface Sistem Software
0 comments :
Post a Comment