A. Pengertian Multimedia
Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio
dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat
melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi
Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2
macam, yaitu mulitimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier
adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun
yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial
(berurutan / lurus), contohnya : TV dan film. Sedangkan multimedia interaktif
adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu
berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna,
sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya.
Contohnya seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan
mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan
interaktivitas (rancangan).
B. Konsep Dasar
Multimedia
Seperti yang telah disebutkan pada
artikel sebelumnya (Pengertian Multimedia), multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, animasi ,
atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer . Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia
linear (tetap) dan multimedia interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia
interaktif, pengguna diberikan fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan
elemen-elemen multimedia yang tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia
tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh
pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia.
Contoh mudah multimedia linear adalah media televisi.
Dalam pemanfaatan televisi tidak
terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek
multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan
aplikasi dari komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia
dapat berubah sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang
merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
Tujuan Dasar Multimedia
- Pemanfaatan multimedia memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,
- Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
- Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
- Merancang panca indra, karena bersifat visual
- Memberikan kemudahan pemakaian.
Elemen – elemen Multimedia
Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen
yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara lain :
1. Teks
- Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII.
- Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
- Rich format text merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
2. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang
bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan
terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi
lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan suatu
informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun bentuk gambar
lain baik dua dimensi atau tiga dimensi.
Berdasarkan pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu
- Grafik Bitmap
- Grafik Vektor
4. Gambar
Gambar merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan dalam
bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi
dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible image, non visible image
dan abstract image.
- Visible image : gambar yang terlihat seperti lukisan , foto
- Non visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
- Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan suara atau audio ke dalam
aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan
oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk
menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan
oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara.
Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan WAVE.
- MIDI ( Musical Instrument Digital Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air dan lain-lain
- WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video seperti layaknya animasi namun
video lebih cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara
langsung. Dalam video terkandung juga
elemen multimedia lainnya seperti gambar , suara dan tulisan. Dibanding dengan
elemen lainnya , video menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
- RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan
dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti
komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di
monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam.
- CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna
utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses
pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan
yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan
untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari
setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan
pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan
urutan dari singkatan tersebut.
C. Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaat
dalam semua bidang kehidupan manusia. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan
sebagai iklan yang kreatif untuk menarik konsumen. Selain itu dengan
multimedia, informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti.
Berikut ini pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :
Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat
menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung,
aliran darah, permukaan paru-paru
melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor.
Selain itu, objek-objek yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat
melalui mikroskop yang terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan
dengan pemanfaatan multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien,
penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
Bidang Pendidikan
Multimedia sangat membantu dalam
dunia pendidikan dikarenakan beberapa hal berikut :
- Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
- Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan lainnya.
- Multimedia dapat menampilan animasi dari objek yang bergerak.
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
- Multimedia dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
- Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
- Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.
- Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi tertarik, senang pada pelajaran sehingga proses belajar siswa tidak membosankan.
- Multimedia dapat membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
- Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kooperatif, interaktif baik dengan guru maupun dengan siswa lain.
Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting
dalam bidang bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi
yang inovatif , kreatif dan interaktif ,
daya saing sebuah produk menjadi lebih tinggi.
Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan minat, karena merupakan
gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Pemasaran sebuah produk akan
lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah iklan yang menarik dan mudah
dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan dalam menampilkan grafik dan
angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran , data rahasia perusahaann dan
informasi mengenai klien bisnis.
Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia
dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis
teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan
tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil.
Sementara di bidang elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen
beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian
berupa tampilan gelombang , angka dan persamaan matematis.
Bidang Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian
ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek
(zat atau makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk
model untuk diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti
dengan mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk
multimedia berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, khususnya untuk memberikan
efek khusus suara dan gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga
dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk
mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan sehari-hari multimedia
dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player
dan MP3/MP4 player yang dapat
menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang
dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar,
video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
Bidang Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia
digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut.
Pada navigasi kapal laut bisa ditentukan
koordinat dan arah gerak kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat ditentukan
ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan kecepatan angin pada monitor sistem
navigasi. Sementara di darat, jalur
kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor
di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui
kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang disebut GPS
(Global Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi
kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking
memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah
obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi yang didapat
dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia dimanfaatkan dalam bidang
komunikasi untuk mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai macam objek
dapat diolah dan dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan komputer. Sebuah
objek multimedia dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui fasilitas MMS
pada ponsel. Bahkan sekarang ponsel-ponsel berbasisandroid sangat mudah dalam
pengiriman pesan multimedia.
D. Multimedia dalam Pendidikan
Tujuan dasar penggunaan multimedia dalam proses
pembelajaran antara lain untuk
menyalurkan pesan (pengetahuan,
keterampilan dan sikap)
serta dapat merangsang
piliran, perasaan, perhatian
dan kemauan yang
belajar sehingga secara
sengaja proses belajar terjadi,
bertujuan dan terkendali.
A. Manfaat Penggunaan Multimedia Pembelajaran
Manfaat multimedia di dalam proses pembelajaran secara
umum adalah dapat menciptakan suasana
interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan daya tarik,
kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang rumit, dan proses pemahaman
serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan efektif.
Berikut adalah
faktor-faktor keunggulan
multimedia sebagai alat pembelajaran :
- Dapat menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
- Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
- Dapat menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
- Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
- Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
B. Karakteristik dan Fungsi Multimedia Pembelajaran
Karakteristik
multimedia pembelajaran adalah:
- Memiliki lebih dari satu elemen multimedia yang konvergen, misalnya menggabungkan elemen teks, grafik dan audio.
- Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
- Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan oran lain.
Selain
memenuhi ketiga karakteristik
tersebut, multimedia pembelajaran
sebaiknya memiliki fungsi-fungsi sebagai
berikut:
- Mampu merangsang respon siswa agar lebih kuat, cepat dan cerdas.
- Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
- Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
- Mampu memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.
Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,
menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih mudah mengerti, mengingat dan
memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan lebih cepat dalam
menerima materi apabila tercipta suasana yang menyenangkan karena suatu yang
menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di memori seseorang.
C. Fungsi Element Multimedia dalam Dunia Pendidikan
1. Teks
Bentuk teks sangat efektif untuk menyampaikan
informasi dan pengetahuan secara verbal, merangsang daya kognitif. Biasanya
teks dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu tutorial. Tutorial memberikan
materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan materi, konsep dan
pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
2. Audio
Audio sangat baik dalam memberikan motivasi dan materi
yang bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa cenderung lebih cepat menerima
pelajaran dari bentuk suara dibanding bacaan. Audio sangat efektif untuk
memancing perhatian, menumbuhkan daya imajinasi dan menambah atau membentuk
suasana jadi hidup.
3.Grafis dan Gambar
Bentuk gambar dan grafik lebih mudah dalam
mengklasifikasi dan mengidentifikasi
objek. Gambar membantu menjelaskan
konsep abstrak menjadi konkret.
4. Animasi
Dengan animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit
menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi,
eksperiment atau prosedur. Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami
suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses pembelahan
sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
5. Video
Melalui video , siswa mampu mempelajari keadaan riel
dari suatu proses, fenomena atau kejadian. Siswa dapat melakukan replay pada
bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit
diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi. Video
mampu menunjukkan dengan jelas suatu
langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan
jangka).
D. Keuntungan Multimedia Bidang Pendidikan
- Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit dannyata, sehingga mudah dimengerti dan dipahami siswa dan pengajar.
- Multimedia dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok.
- Materi pelajaran yang disajikan akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa karena proses balajar yang menarik dan menyenangkan.
- Multimedia dapat menciptakan suasana yang interaktif baik antar siswa maupun siswa dengan guru atau pengajar.
- Pengunaan multimedia yang tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan pada siswa lebih dini.
E. Multimedia untuk Aplikasi Umum
Multimedia dan internet , antara keduanya memiliki
keterkaitan yang sangat erat dan sangat dibutuhkan masyarakat dalam era yang
serba cepat dan tepat. Multimedia dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk iklan ,
pemasaran, demo produk dan katalog. untuk lebih jelasnya akan dijajabarkan
beberapa aplikasi umum menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi periklanan,
pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan komunikasi jaringan. Selain
itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi dengan rekan bisnisnya
dengan memanfaatkan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada
didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah,
perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2. Pendidikan
Dengan multimedia , guru dapat menggunakan tutorial
yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk memberikan materi. Dengan
cara seperti ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi
lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu
monoton. Selain itu ada juga fasilitas simulasi dan E-learning yang dapat
membantu siswa dan pengajar dalam mensimulasikan hal-hal yang sulit.
3. Rumah
Di rumah banyak media elektronik yang dapat
menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD player, VDC
player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X box), dan komputer
tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang positif
yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga. Dengan
menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga ( Orang tua
dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu pengawasan
dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat umum
Melalui internet dan fasilitas multimedia , masyarakat
akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum baik secara letak,
kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain itu,
aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi seperti
yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan
sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan
informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan.
F. Internet based
Internet memiliki sejarah yang panjang dari awalh
ditemukannya sampai saat ini. Sejak ditemukan skitar tahun 1969, internet
mengalami banyak pengembangan dan perbaikan hingga akhirnya bisa seperti saat
ini. Internet juga memiliki suatu sistem yang menghubungkan antara komputer
satu dengan komputer yang lainnya yang masing-masing terpisah oleh suatu jarak
dan harus berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous.
- Synchronous adalah suatu sistem dimana interaksi atara komponen-komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara bersamaan datau real time.
- Asynchronous adalah proses interaksi yang tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan.
Jadi Internet Based adalah suatu sistem atau proses
yang menghubungkan penguna internet dengan berbagai macam sumber pengetahuan
yang saling berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous berbasis
teknologi informasi dengan antarmuka web. Mungkin agak sedikit rancu tentang
kata web, coba saya jelaskan sedikit tentang web.
0 comments :
Post a Comment