Pemuda dan Sosialisasi


A. Menjelaskan Tentang Internalisasi, Belajar dan Spesialisasi.

Apa itu pemuda?

Pemuda merupakan satu identitas yang potensial dan masih banyak belajar untuk memahami suatu hal baru agar menjadi seorang yang ahli dalam bidangnya, sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya.

Contohnya: Pelajar dan Para Mahasiswa

Tau gak sih apa itu Sosialisasi?

Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Contohnya: Remaja yang menyesuaikan diri dengan ikut acara dalam lingkungannya seperti kerja bakti atau acara dilingkungannya, dengan begitu dia dapat berperan dan berkenalan dengan masyarakat sekitar.

Pernah mendengar kata "Internalisasi"? Nah menurut kalian internalisasi itu apa?


Internalisasi adalah proses pemasukkan nilai pada seseorang yang akan membentuk pola pikirnya dalam melihat makna realitas pengalaman. Nilai-nilai tersebut bisa jadi dari bebagai aspek baik agama, budaya, norma sosial, dll. Pemaknaan atas nilai inilah yang mewarnai pemaknaan dan penyikapan manusia terhadap diri, lingkungan dan kenyataan di sekelilingnya.

Contohnya: Remaja meniru gaya pakaian ariel peterpan yang sedang ngetrend saat ini, Secara tidak langsung saya telah menginternalisasi diri saya sendiri, karena mengikuoti trend ariel.

Belajar pasti kalian sering melakukannya, terus ada yang tau belajar itu apa?

Belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan dan sebagainya.

Contohnya: Remaja yang sedang melakukan percobaan, pasti dia akan mencari informasi sebanyak-banyaknya dan berusaha memahaminya agar dapat mengerti tentang percobaannya.

Spesialisasi, tau gak apa sih maksudnya?

Spesialisasi adalah suatu proses pengkhususan sesuai dengan pengetahuan dan keahlian dari individu tersebut untuk menjadi sesorang yang ahli pada bidangnya.

Contohnya: Remaja yang memiliki keahlian dalam sepak bola jika dia terus mengolahnya maka dia akan menjadi seorang yang ahli dalam bidangnya.

Jadi, Internalisasi lebih terhadap norma atau nilai-nilai kehidupan, sedangkan belajar lebih terhadap prosesnya, sedangkan spesialisasi lebih terhadap pengkhususan dari individu tersebut.

Terus peranan sosial mahasiswa & pemuda di masyarakat itu apa ya?

            Peranan Sosial Mahasiswa bisa dikatakan pemuda yang aktif dan berintelektual yang akan berperan sebagai generasi yang diharapkan akan meneruskan generasi sebelumnya, yang akan membangun negaranya menjadi lebih baik (maju). Sedangkan Pemuda adalah sesorang Individu atau kelompok yang berperan aktif didalam masyarakat dan bisa dikatakan Mahasiswa atau tidak, karena belum semua pemuda yang berintelektual mampu secara ekonomi untuk menjenjang pendidikan yang lebih tinggi, karna biaya pendidikan yang semakin mahal.  Bisa dikatakan Pemuda memiliki Sosialisasi yang tinggi yang dapat berperan penting dilingkungan masyarakat kuhususnya bersosialisai untuk menjadi penengah didalam lingkungan sekitar maupun secara luas.

Peranan sosial mahasiswa dan pemuda di masyarakat, kurang lebih sama dengan peran warga yang lainnnya di masyarakat. Mahasiswa mendapat tempat istimewa karena mereka dianggap kaum intelektual yang sedang menempuh pendidikan. Pada saatnya nanti sewaktu mahasiswa lulus kuliah, ia akan mencari kerja dan menempuh kehidupan yang relatif sama dengan warga yang lain. Secara tak sadar namun perlahan tapi pasti, para generasi muda dihinggapi dengan idiologi baru dan perilaku umum yang mendidik mereka menjadi bermental instan dan bermental bos. Pemuda menjadi malas bekerja dan malas mengatasi kesulitan, hambatan dan proses pembelajaran tidak diutamakan sehingga etos kerja jadi lemah.

B. Pemuda dan Identitas 

Apa yang kalian ketahui tentan pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda?


Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan:
  1. Landasan Idiil : Pancasila
  2. Landasan Konstitusional : Undang-undang dasar 1945
  3. Landasan Strategi : Garis-garis Besar Haluan Negara
  4. Landasan Histories : Sumpah Pemuda dan Proklamasi
  5. Landasan Normatif : Tata nilai ditengah masyarakat.

Arah pembinaan dan pengembangan generasi muda ditunjukan pada pembangunan yang memiliki keselarasn dan keutuhan antara ketiga sumbu orientasi hidupnya yakni.
  1. Orientasi ke atas kepada Tuhan Yang Masa Esa.
  2. Orientasi dalam dirinya sendiri.
  3. Orientasi ke luar hidup di lingkungan.

Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda menyangkut dua pengertian pokok, yaitu:
  • Generasi muda sebagai subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal dan kemampuan serta landasan untuk mandiri dan ketrlibatannya pun secara fungsional bersama potensi lainnya guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa.
  • Generasi muda sebagai objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kea rah pertumbuhan potensi dan kemampuan ketingkat yang optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.


Terus apa sih pengertian dari pembinaan dan pengembangan generasi muda itu?

Pembinaan generasi muda adalah suatu pembelajaran untuk para pemuda agar lebih mengerti dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat dan menjadi landasan maupun patokan bagi para pemuda dalam mengembangakan karirnya. Pembinaan generasi muda ini dapat dilakukan oleh pemuda dengan mengikuti kegiatan atau organisasi dilingkungannya, seperti OSIS di sekolah atau panitia kerja bakti dirumahnya.

Pengembangan generasi muda yaitu pemuda dituntut untuk lebih memahami dan mendalami ilmu yang telah dia dapat agar dapat berguna bagi dirinya atau orang disekitarnya. Pengembangan ini dapat dilakukan oleh pemuda itu sendiri ataupun inisiatif dari lingkunganya, karena dengan berkembangnya seorang pemuda adalah patokan bagi suatu negara menjadi negara yang maju. Jadi sebagai penerus generasi dalam mengemban tugas untuk memajukan lingkungannya, pemuda dan masyarakat harus ikut andil dalam melakukan pengembangan pada pemuda tersebut.

Terus apakah ada masalah-masalah untuk generasi muda? Apa itu potensi dan tujuan pokok adanya sosialisasi?


Masalah-Masalah Generasi Muda

Berbagai permasalahan generasi muda yang muncul pada saat ini antara lain:
  1. Dirasa menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme di kalangan masyarakat termasuk generasi muda.
  2. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
  3. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal.
  4. Kurangnya lapangan kerja / kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran /setengah pengangguran di kalangan generasi muda dan mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya.
  5. Kurangnya gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan di kalangan generasi muda.
  6. Masih banyaknya perkawinan di bawah umur, terutama di kalangan masyarakat daerah pedesaan.
  7. Pergaulan bebas yang membahayakan sendi-sendi perkawinan dan kehidupan keluarga.
  8. Meningkatnya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkotika.
  9. Belum adanya peraturan perundangan yang menyangkut generasi muda.

Potensi- potensi Generasi Muda

Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda perlu dikembangkan adalah:
  1. Idealisme dan daya kritis
  2. Dinamika dan kreativitas
  3. Keberanian Mengambil Resiko
  4. Opimis dan kegairahan semangat
  5. Sifat kemandirian, disiplin, peduli, dan bertanggung jawab

Tujuan Pokok Sosialisasi
  1. Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
  2. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengenbangkankan kemampuannya.
  3. Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
  4. Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umum.



C. Pemuda dan Pendidikan

Pendidikan itu apa sih?


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Terus, Perguran tinggi itu apa?


Perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.

Apakah wajib bagi pemuda untuk mengeyam Perguruan tinggi?


Mengenyam pendidikan pada tingkat menengah tidaklah cukup untuk seorang pemuda untuk menjadi seorang yang ahli. Oleh karena itu sebagai pemuda kita diwajibkan belajar sebanyak-banyaknya dan menambah ilmu pengetahuan kita agar dapat menjadi seorang yang ahli. Dengan menlanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pemuda dapat menambahkan pendidikan yang lebih tinggi dan juga lebih terspesialisasi dari pada tingkat menengah. Dengan mendapat kan ilmu yang lebih tinggi pemuda dapat menggembangkan ilmu tersebut untuk keuntungan orang banyak maupun dirinya sendiri.



Share on Google Plus

About Fathur Rhavy

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment